Rabu, 18 September 2019

LOKAKARYA PPG 2019


LOKAKARYA PEMBUATAN SOAL






1.      Hadits di atas diriwayatkan oleh Ibnu Majah, namun demikian Ibnu Majah sendiri menganggap hadits tersebut termasuk hadits dhaif (lemah atau tidak shahih). Kelemahan hadis ini terletak pada rawinya yang tidak tsiqah. Arti tidak tsiqah yang benar adalah ….
a.       Shahih
b.      Tidak Kuat fisiknya
c.       Tidak terpercaya
d.      Kuat ingatannya
e.       Kuat hafalannya

2.      Salah satu satu ketentuan yang menjadi dasar pengklasifikasian hadits adalah perawi yang memiliki daya ingat hapalan yang sempurna. Dalam ilmu hadits, kriteria tersebut dinamakan….
a.       Dhabith
b.      Sanad
c.       ‘adil
d.      Syadz
e.       ‘illat



 
3.      Berdasarkan hadits di atas, perintah untuk menuntut ilmu sampai ke negeri cina mengisyaratkan adanya perintah untuk bersifat terbuka, yakni….
a.       menerima kebenaran dari siapapun
b.      menerima kebenaran dari sesama muslim
c.       menerima kebenaran dari kalangan sendiri
d.      menerima kebenaran dari orang yang sudah diketahui keluasan ilmunya
e.       menerima kebenran dari orang yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan

4.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yatim adalah anak yang tidak mempunyai ayah atau ibu karena ditinggal mati, sedangkan menurut terminologi Bahasa Arab, yatim hanya diperuntukkan bagi ….
a.       Anak yang ditinggal ibu saja
b.      Anak yang ditinggal ayah saja
c.       Anak yang ditinggal ayah dan ibu
d.      Anak yang ditinggal keluarga
e.       Anak yang ditinggal walinya

5.      Anak yang jarang mendapatkan kasih sayang, adakalanya memiliki karakter yang kurang kondusif bagi kemajuan atau kesuksesan hidupnya di masa depan. Salah satu penyebabnya adalah ….
a.       Karena adanya lingkungan yang tidak kondusif
b.      Karena telah tertanamnya kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik
c.       Karena telah terbentuknya zona aman atas karakter yang telah tertanam
d.      Karena zona lingkungannya dibasakan hal-hal yang tidak baik
e.       Karena kurangnya perhatian yang menumbuhkembangkan kepribadian baik

6.      Selama ini pengertian menyantuni anak yatim cenderung pada kebutuhan fisiknya saja. Sedang yang bersifat psikologis belum banyak dilakukan. Padahal anak-anak yatim yang tinggal di panti maupun di rumahnya sendiri, mereka merindukan ….
a.       figur ayah/ibu yang menjadi tempat curhat dan bermanja.
b.      Figur orang tua yang selalu memperhatikan kebutuhannya
c.       Figur orang tua yang mampu memenuhi semua permintaannya
d.      Figur orang tua yang sealalu memeberikan nasihat
e.       Figur ayah/ibu yang menyayangi dan memenuhi keperluannya

7.      Sifat yang tertanam dalam jiwa, yang darinya timbul perbuatan dengan mudah tanpa merasa terbebani, seperti sifat dermawan akan lahir darinya gemar memberi tanpa merasa berat hati adalah disebut ….
a.       Sifat
b.      Akhlak
c.       Karakter
d.      Akhlak dan sifat
e.       Sifat dan karakter




8.    Dalam hadis di atas Rasulullah saw menjelaskan bahwa sebaik-baik orang Muslim adalah ….
a.       Yang baik akhlaknya dan mulia sifatnya
b.      Yang baik prilakunya dan akhlaknya
c.       Yang sempurna fisiknya dan akhlaknya
d.      Yang kuat fisik dan baik sifatnya
e.       Yang sempurna imannya

9.      Pada dasarnya semua ibadah yang dilakukan oleh seorang Muslim harus berimplikasi pada ….
a.       Perbuatan yang benar sesuai aturan yang berlaku dalam berinteraksi dengan keluarga
b.      perbuatan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain
c.       perbuatan yang benar dalam berinteraksi dengan teman-teman
d.      perbuatan yang baik dalam berinteraksi dengan orang yang sepemahaman
e.       perbuatan yang benar dalam berinteraksi dengan tetangga terdekat

10.  Orang-orang munafik sangat dibenci oleh Allah dan Rasulullah, karena ….
a.       Musuh yang nyata
b.      Temannya syetan yang terkutuk
c.       Musuh dalam selimut bagi kaum muslim
d.      Musuh dalam selimut bagi syetan
e.       Musush yang berbahaya bagi manusia

11.  Seseorang dapat dikatakan sebagai orang munafik tulen/sejati apabila memenuhi semua sifat berikut yaitu pembohong, penghianat dan pengingkar janji ada pada dirinya, dan selalu nampak dalam kebanyakan perbuatannya. Sedangkan jika hanya terdapat satu atau dua saja dari tiga ciri tersebut maka orang tersebut ….
a.       Tetap termasuk munafik
b.      Tetap bagian dari orang munafik
c.       Tidak dapat dikatakan munafik
d.      Tidak menjadi orang munafik
e.       Termasuk orang yang berakhlak buruk

12.  Di antara ketiga sifat munafik, yang paling berat akibat buruknya adalah ….
a.       Dusta
b.      Dusta dan ingkar janji
c.       Ingkar janji
d.      Khianat
e.       Bohong

13.  Memahami makiyah dan madaniyah dapat membatu seseorang ketika akan memahami al Qur’an. Di antara manfaatnya adalah ….
a.       Melalui gaya bahasa yang sama pada ayat makiyah dan madaniyah akan membatu dalam memahami ayat al Qur’an
b.      Dapat membantu mempermudah dalam menjelaskan ayat al-Qur’an
c.       Dengan memahami makiyah dan madaniyah akan lebih mudah mengkaitkan dengan aspek fiqh
d.      Dapat mempermudah dalam menerjemah ayat al-Qr’an
e.       Dapat mempermudah dalam menafsirkan al-Qur’an

14.  Dalam memahami kalimat يخرج الحي من الميت (mengeluarkan kehidupan dari yang mati) misalnya, bisa dipahami dalam pengertian ―mengeluarkan seekor ayam yang menetas dari telur. Makna tersebut adalah ….
a.       Takwil
b.      Tafsir
c.       Terjemah
d.      Muhkamat
e.       Mutasyabihat

15.  Menurut Manna’ Al-Qaththan secara terminologi muhkam artinya ….
a.       Ayat yang mudah diketahui maknanya
b.      Ayat yang sulit diketahui maknanya
c.       Ayat mengandung makna lebih dari satu
d.      Ayat yang mengandung makna ambigu
e.       Ayat yang tidak dapat diketahui maknanya secara langsung

16.  Menafsirkan al-Qur’an yang didasarkan penjelasan-penjelasan al Qur’an yang diperoleh melalui riwayat-riwayat pada sunnah, hadist maupun atsar, bahkan sebuah ayat al Qur’an dapat dijelaskan dengan ayat-ayat al Qur’an yang lain disebut ….
a.       Tafsir bil ra’yi
b.      Tafsir bil ma’tsur
c.       Tafsir maudhu’i
d.      Tafsir bil dirayah
e.       Tafsir al-isyari

17.  M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa dalam tafsir bi al-Isyarah terdapat upaya penarikan makna ayat didasarkan pada ….
a.       Kesan yang ditimbulkan oleh lafazh ayat
b.      Kesan yang ditimbulkan oleh makna ayat
c.       Kesan yang ditimbulkan oleh tafsir ayat
d.      Kesan yang ditimbulkan oleh makna surat
e.       Kesan yang ditimbulkan oleh lafazh surat

18.  Berikut ini adalah salah satu syarat diterimanya tafsir isyari yaitu ….
a.       Penafsirannya bertentangan dengan dalil syara‘ atau rasio.
b.      Tidak bertentangan dengan makna lahir (pengertian tekstual) al-Qur’an
c.       Penafsirannya tidak didukung atau diperkuat oleh dalil-dalil syar’i lainnya
d.      Penafsirannya tidak terlalu jauh sehingga ada hubungannya dengan lafadz
e.       Penafsirannya terlalu jauh sehingga tidak ada hubungannya dengan lafadz

19.  Berdasarkan tafsir Jalalain, disebutkan bahwa maksud dari memurnikan (mengikhlaskan) ibadah kepada-Nya adalah ….
a.       Memurnikan ajaran agama dari subhat
b.      Memurnikan agama Allah dari perbuatan buruk
c.       Memurnikan agama dari perbuatan keji
d.      Memurnikan agama Allah dari sifat sombong
e.       memurnikan agama Allah dari segala macam kemusyrikan

20.  Secara umum, kata ikhlas dalam QS. Al-A’raf ayat 29 dikaitkan secara erat dengan syarat diterimanya sebuah amalan oleh Allah SWT. Syarat diterimanya sebuah amal ibadah ialah ….
a.       Ibadah tersebut dilaksanakan penuh keikhlasan dan mengharap ridha Allah swt
b.      Ibadah tersebut didasarkan pada rasa takut murka Allah swt
c.       Ibadah tersebut didasarkan pada rasa ingin mendapat pahala
d.      Ibadah tersebut didasarkan pada rasa ingin mendapatkan balasan
e.       Ibadah tersebut dilaksanakan penuh rasa sabar dan istiqomah

21.  Dalam tafsir Ibnu Katsir, Ulul Albab dimaknai sebagai ….
a.       Senantiasa mengingat Allah dan melakukan kajian-kajian
b.      Memiliki sikap yang selalu kritis
c.       Orang yang selalu membaca Al-Qur’an
d.      Orang yang memiliki akal yang sempurna lagi cerdas dan mengerti di balik adanya segala sesuatu
e.       Orang mampu membaca segala sesuatu ciptaan Allah swt.

22.  Seorang ulul albab senantiasa mengingat kepada Allah Swt dan melakukan kajian-kajian serta renungan terhadap kejadian-kejadian pada ciptaan Allah Swt, sehingga pada akhirnya dia menemukan ….
a.       Pelajaran berharga dari ibadah kepadaNya
b.      Manfaat berharga dari setiap petunjukkNya
c.       Hikmah yang bermanfaat bagi kehidupan
d.      hikmah yang besar pada setiap ciptaan Allah Swt.
e.       Hikmah dan manfaat dari setiap hidayaNya

23.  Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.      Kritis dan mau berusaha
2.      Mau berusaha
3.      Berkreasi untuk kemanfaatan
4.      Berkreasi untuk hidup mandiri
5.      Kemaslahatan dan kelstarian hidup
Yang termasuk sifat dan sikap ulul albab dalam konteks saat ini adalah ….
a.       1,2,3 dan 4
b.      1,2,4 dan 5
c.       1,2,3 dan 5
d.      2,3,4 dan 5

24.  Ibnul Mubarak mengatakan makna Ar-Rahman ialah "bila diminta memberi", sedangkan makna ar-rahim ialah "bila tidak diminta marah", sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Turmuzi dan Imam Ibnu MajahBarang siapa yang tidak pernah meminta kepada Allah, niscaya Allah murka terhadapnya”. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a.       Allah senang kepada hambaNya yang tidak banyak meminta
b.      Allah senang kepada hambaNya yang sering berdoa
c.       Allah senang memberi walaupun tidak diminta
d.      Allah Maha Memberi kepada yang meminta saja
e.       Allah Maha Memberi setiap hamba yang meminta dan memurkai orang yang tidak meminta kepadaNya
25.  Sebagian ulama Islam berpendapat bahwa kata Allah (الله) berasal dari kata al-Ilāh. Kata al-Ilāh (إله ) berarti ….
a.       taat
b.      Menyembah
c.       Shalat
d.      Sujud
e.       Puasa

26.  Dalam Pancasila, sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila ini menunjukkan bahwa keselarasannya dengan nilai-nilai ketuhanan dalam Islam berupa prinsip Tauhid. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Al-Asmaul Husna, yaitu ….
a.       Al-Ahad
b.      Al-Sami’
c.       Al-Ghafur
d.      Ar-Rahman
e.       Ar-Rahim


27.  Berdasarkan penjelasan dalil naqli di atas, konsep ketuhanan dalam teologi Islam dikenal dengan tiga istilah, yaitu ….
a.       Pemelihara, Raja dan Sesembahan
b.      Pemelihara, Raja dan Rab
c.       Pemelihara, Raja dan Malik
d.      Pemelihara, Raja dan pemilik
e.       Pemelihara, Raja dan Penguasa

28.  Secara kebahasaan, kata Allah sangat mungkin berasal dari kata ….
a.       Al-ilahiyah
b.      Al-Uluhiyah
c.       Al-Ilah
d.      Al-Ilahah
e.       Al-Alihah

29.  Bagi umat Islam, penyebutan nama Tuhan yang bersifat spekulatif tentu sangat bermasalah. Sebab, ….
a.       Mengaburkan konsep tauhid islam
b.      Mengaburkan makna seseungguhnya
c.       Mengaburkan tujuan tauhid
d.      Mengaburkan tujuan beribadah
e.       Mengaburkan makna dan konsep beribadah

30.  Sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 8: “Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.” Ayat ini merupakan koreksi terhadap perilaku orang-orang munafik yang ….
a.       mengaku beriman kepada Allah dan sadar akan keesaan Allah
b.      mengaku beriman kepada Allah dan hari Akhir, padahal kenyataannya tidak
c.       bertaubat dan menyadari Allah adalah Tuhan yang berhak disembah
d.      bertaubat dan menyadari kesalahannya
e.       mengaku beriman kepada Allah swt dan sesuai dengan kenyataan

31.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.      Hari kebangkitan setelah mati
2.      Hari akhir zaman
3.      Bencana besar
4.      Hari perhitungan amal
5.      Berakhir dan tidak muncul lagi
Dari pernyataan di atas, yang termasuk makna Kiamat sebagaimana tercantum dalam KBBI adalah nomor ….
a.       3,4 dan 5
b.      2,4 dan 5
c.       1,4 dan 5
d.      2,3 dan 5
e.       2,3 dan 4

32.  Terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, banjir, gempa bumi yang mengakibatkan rusak atau punahnya sebagian makhluk hidup merupakan ….
a.       Tanda kiamat sugra
b.      Isyarat datangnya kiamat kubra
c.       Contoh kiamat sugra
d.      Contoh kiamat kubra
e.       Makna kiamat sugra

33.  Qadha adalah kehendak Allah atas sesuatu pada azali untuk sebuah ‘realitas’ pada saat sesuatu di luar azali kelak. Sementara qadar adalah penciptaan (realisasi) Allah atas sesuatu pada kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya pada azali. Pengertian Qadha dan Qadar tersebut dikemukakan oleh ulama kalangan ….
a.       Malikiyah
b.      Muhammadiyah
c.       Asy’ariyah
d.      Maturidiyah
e.       Qadariyah

34.  Menerima takdir dengan penuh rasa ikhlas, sabar, dan senantiasa bersyukur atas segala sesuatu yang dikaruniakan Allah swt, baik berupa kesenangan, keberuntungan maupun kondisi yang tidak menguntungkan termasuk wujud dari internalisasi nilai….
a.       Iman kepada Allah swt
b.      Iman kepada kitab-kitab Allah swt
c.       Iman kepada Rasul-rasul Allah swt
d.      Iman kepada Qadha dan Qadhar Allah swt
e.       Iman kepada hari akhir

35.  Ibu Asmawati dijadwalkan untuk melaksanakan kegiatan PPG di kampus penyelenggara, akan tetapi ketika pagi menjelang berangkat, anaknya tertimpa musibah kecelakaan. Dia pun menerima dengan sabar dan ikhlas musibah yang menimpanya. Sikap yang ditunjukkan oleh ibu Asmawati tersebut merupakan wujud dari nilai-nilai ….
a.       Iman kepada takdir mubram
b.      Iman kepada hari akhir
c.       Iman kepada takdir muallaq
d.      Iman kepada ketentuan-ketentuan Allah
e.       Iman kepada hari kiamat

36.  Sifat malu untuk meninggalkan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah Swt. dan sebaliknya malu melakukan perbutan yang dilarang oleh-Nya disebut ….
a.       Qanaah
b.      Hayya
c.       Haya’
d.      Sakha’
e.       Wara’

37.  Sikap seseorang yang rela menerima keputusan Allah Swt. yang berlaku bagi dirinya merupakan contoh ….
a.       wara’
b.      sakha’
c.       qanaah
d.      istiqamah
e.       haya’

38.  Manusia berani berkorban apa saja untuk meraih kebahagiaan dan kemuliaan batinnya, sifat ini disebut ….
a.       Raja’
b.      Iffah
c.       Syajaah
d.      Quwwah al-Iradah
e.       Quwwah al-iman

39.  Dilihat dari hubungan antara manusia sebagai makhluk dan Allah Swt. sebagai Khalik, maka amal shalih dapat didefinisikan dengan ….
a.       Semua amal yang dilakukan didasarkan pada rasa ingin dibalas oleh Allah dengan surga
b.      Semua amal perbuatan yang dilakukan sebagai wujud semangat ibadah kepadaNya
c.       semua perbuatan yang dilakukan hamba kepada Allah Swt. sebagai bentuk pengabdiannya yang didasari dengan iman.
d.      Semua perbuatan baik didasarkan pada rasa ingin dihormati orang lain
e.       Semua perbuatan baik didasarkan pada pengetahuan agama

40.  QS. Adz Dzariyat ayat 56 di atas menjelaskan tentang ….
a.       Tujuan manusia diciptakan
b.      Tujuan manusia beribadah
c.       Tujuan manusia beramal
d.      Tujuan manusia berbuat kebajikan
e.       Tujuan manusia hidup

41.  Menurut Muhammad Abduh ikhlas adalah ikhlas beragama untuk Allah SWT. dengan selalu manghadap kepada-Nya, dan tidak mengakui kesamaan-Nya dengan makhluk apapun, sedangkan menurut al-Ghazali, ikhlas adalah ….
a.       Melakukan amal kebajikan sesuai aturan agama
b.      melakukan amal kebajikan semata-mata karena Allah SWT
c.       melakukan amal ibadah sesuai tuntunan ulama
d.      melakukan amal ibadah sesuai kemampuan
e.       melakukan amal ibadah sesuai tuntutan kebutuhan

42.  Islam menempatkan malu sebagai bagian dari iman. Orang beriman pasti memiliki sifat malu. Orang yang tidak memiliki malu berarti tidak ada iman dalam dirinya meskipun lidahnya menyatakan beriman. Dalam hal ini sifat malu yang dimaksud adalah ….
a.       Sifat malu untuk melakukan yang diperintahkan Allah swt.
b.      Sifat malu untuk berbuat kebaikan bila dilihat oleh orang lain
c.       Sifat malu untuk berbuat sesuatu yang rendah dan hina di hadapan Allah swt
d.      Sifat malu untuk menunjukkan kebaikan-kebaikannya
e.       Sifat malu untuk dikatakan hina karena berbuat hal yang tidak biasa

43.  Di antara alasan pentingnya memiliki sifat khauf di bawah ini adalah ….
a.       Agar tenang beribadah
b.      Untuk khusyuk beraktifitas
c.       Agar aman dalam beribadah
d.      supaya ada proteksi diri dan tidak ujub
e.       supaya ada bekal dalam hidup

44.  Seorang ahli hikmah berkata, “Suatu ketika nafsu mengajak berbuat maksiat, lalu ia keluar dan berguling- guling di atas pasir yang panas seraya berkata kepada nafsunya, “Rasakanlah! Neraka jahanam itu lebih panas dari pada yang anda rasakan ini.”
Makna dari perkatan ahli hikmah tersebut adalah ….
a.       kita harus membuat nafsu menjadi kesakitan
b.      kita harus membuat nafsu menjadi kalah
c.       kita harus membuat nafsu menjadi takut
d.      kita harus membuat nafsu menjadi kepanasan
e.       kita harus membuat nafsu menjadi kekuatan

45.  Perhatikan sifat-sifat berikut!
1.      Jujur
2.      Amanah
3.      Rajin
4.      Tabligh
5.      Adil
Sifat yang berhubungan dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada nomor ….
a.       1,2, dan 3
b.      2,3 dan 4
c.       3,4 dan 5
d.      1,3 dan 5
e.       1,2, dan 4

46.  Sebuah dialog dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan: Seorang laki-laki berkata kepada Hakim: “Aku tidak bisa mengenali orang yang jujur!” Kemudian dijawab oleh Hakim: “Seandainya kamu adalah orang yang jujur kamu juga akan mengenal orang-orang yang jujur.” Makna dari dialog tersebut adalah ….
a.       Orang yang jujur bisa membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
b.      Orang yang tidak jujur bisa membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
c.       Orang yang jujur tidak bisa membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
d.      Orang yang tidak jujur bisa melihat kejujuran
e.       Orang yang jujur baik adalah wujud akhlak mulia

47.  Jujur yang berkaitan langsung dengan informasi atau berita yang disampaikan, apakah itu benar atau salah. Baik yang telah berlalu maupun yang akan terjadi termasuk jujur ….
a.       Jujur dalam niat
b.      Jujur dalam perbuatan
c.       Jujur dalam lisan
d.      Jujur dalam tekad
e.       Jujur dalam mengimplementasikan maqamat di dalam agama

48.  Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan adalah ….
a.       Penyewa tanah
b.      Pemilik tanah
c.       Penyewa dan pemilik
d.      Tidak dikenakan wajib zakat
e.       Dikenakan wajib zakat dibagi rata antara penyewa dan pemilik tanah

49.  Abdurrahman Hasan, Imam Abu Zahra, dan Abdul Wahhab Khalaf berpendapat bahwa nisab zakat profesi sekurang-kurangnya lima wasaq atau 300 sha’ (sekitar 930 liter atau 653 kg). Menurut mereka jumlah ini diqiyaskan dengan ….
a.       Prosentase zakat yang pengairannya menggunakan tenaga manusia yaitu 5 % setiap mendapatkan gaji atau honor
b.      Prosesntase zakat pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 6% setiap mendapatkan gaji atau honor
c.       Prosesntase zakat pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 7% setiap mendapatkan gaji atau honor
d.      Prosesntase zakat pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 5% setiap mendapatkan gaji atau honor
e.       Prosesntase zakat pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 8% setiap mendapatkan gaji atau honor

50.  Menurut Mahmud Syaltut, istilah sabilillah dalam menyalurkan zakat kepada mustahiq memiliki arti kemaslahatan ummat yang manfaatnya kembali kepada kaum muslimin seperti ….
a.       Pembangunan masjid dan rumah sakit
b.      Pembangunan rumah pribadi
c.       Pembangunan masjid dan rumah
d.      Pembangunan jalan dan rumah pejabat
e.       Pembangunan tempat wisata

51.  Di bawah ini adalah keadaan darurat yang membolehkan seorang pria kembali menikah (poligami), kecuali….
a.       Isteri pertama tidak mampu memberikan keturunan
b.      Isteri pertama tidak mampu memberikan kepuasan seks kepada suami yang hyperseks
c.       Rasio jumlah wanita yang lebih tinggi dari jumlah pria
d.      Rasio jumlah pria yang lebih tinggi dari jumlah wanita
e.       Isteri pertama mandul dan tidak mampu memberikan kepuasan seks kepada suaminya

52.  Seorang wali yang berhak menikahkan anak perempuannya tanpa meminta ijin kepadanya disebut wali….
a.       Mujbir
b.      Nasab
c.       Adhol
d.      Hakim
e.       Muhakkam



53.  QS. An-Nisa ayat 3 di atas merupakan salah satu dalil tentang bolehnya ….
a.       Monogami
b.      Poligami
c.       Poliandri
d.      Poligami dan monogami
e.       Poliandri dan poligami

54.  Berikut ini adalah alasan haramnya riba menurut Yusuf Al-Qardhawi, kecuali ….
a.       Dalam praktek riba terdapat kezaliman
b.      Riba mendorong kedua belah pihak menjadi lintah darat
c.       Hutang piutang berubah menjadi sebuah praktek pemerasan terselubung
d.      Dalam praktek riba terdapat potensi yang menghilangkan nilai kebaikan dan keadilan dalam hutang piutang
e.       Dalam praktek riba terkandung potensi secara psikologis yang dapat melemahkan usaha manusia untuk bekerja

55.  Riba nasiah mengandung tiga unsur yaitu:
1.      Terdapat tambahan pembayaran atau modal yang dipinjamkan
2.      Tambahan pembayaran/modal tanpa resiko kecuali sebagai imbalan dari tenggang waktu yang diperoleh si peminjam
3.      Tambahan pembayaran/ modal ditanggung oleh pihak bank
4.      Tambahan pembayaran/modal itu disyaratkan dalam bentuk pemberian piutang dan tenggang waktu
Pernyataan yang benar terdapat pada nomor….
a.       1,2 dan 3
b.      1,3 dan 4
c.       1,2 dan 4
d.      2,3 dan 4
e.       3 dan 4

56.  Ali memberikan pinjaman kepada Ahmad sejumlah uang untuk keperluan berobat. Ketika sudah punya uang, Ahmad pun membayar hutangnya kepada Ali sejumlah uang yang pernah dipinjamnya dan sebagai tanda terimakasihnya, ia melebihkan uang dari jumlah sebenarnya. Hal ini tidaklah termasuk riba sebaliknya merupakan tindak terpuji, karena pada dasarnya riba….
a.       Disebutkan syaratnya ketika membayar hutang
b.      Disebutkan jumlah uang yang dipinjam dan yang dibayarkan sama
c.       Disebutkan waktu pembayaran hutang
d.      Tidak disebutkan waktu pembayaran hutang
e.       disebutkan syaratnya ketika akad peminjaman

57.  Imam al-Ghazaly pernah berkata agama adalah pondasi sedangkan pemerintahan adalah tiangnya. Tiang akan runtuh jika tidak ada pondasi. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a.       Agama mutlak menjadi dasar kuatnya suatu pemerintahan
b.      Pemerintahan bisa kuat kalau agama bebas mengadopsi pemahaman dari mana saja
c.       Agama rusak ketika negara tidak kuat
d.      Pemerintahan penentu kokohnya agama
e.       Pemerintahan dan agama saling menguatkan

58.  Dalam sejarah, pemerintahan dalam Islam diselenggarakan berdasarkan kepada ketentuan yang terdapat di dalam dua sumber utama yaitual-Qur’an dan Sunah, seperti yang pernah terjadi pada pemerintahan Rasulullah dan Khulafa al-Rasyidin. Berikut ini adalah dasar-dasar tersebut, kecuali ….
a.       Sifat jujur, ikhlas serta tanggung jawab.
b.      Keadilan yang bersifat menyeluruh kepada rakyat
c.       Tauhid (mengesakan Allah) yang mengandung arti taat kepada Allah, rasul-Nya dan pemumpin sebagai kewajiban bagi setiap orang beriman.
d.      Adanya kedaulatan rakyat.
e.       Adanya kekuasaan mutlak pemerintah yang tidak dapat diintervensi

59.  Dalam system khilafah tidak semua orang bisa menjadi anggota majlis syura. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan intelektual dan memiliki sifat mental yang terpuji. Oleh karena itu imam al-Mawardi merumuskan beberapa syarat untuk menjadi anggota majlis syura seperti berikut ini, kecuali….
a.       Berlaku adil dalam segala sikap
b.      Berilmu pengetahuan dalam pemerintahan
c.       Berlaku adil dalam tindakan
d.      Berilmu pengetahuan yang luas
e.       Memiliki kearifan dan wawasan yang luas

60.  Pada masa Abu Bakar As-Shiddiq lembaga pendidikan mencapai tingkat kemajuan. Hal ini ditandai dengan adanya lembaga pendidikan….
a.       Madrasah
b.      Masjid
c.       Kuttab
d.      Pesantren
e.       Perguruan tinggi

61.   Pada masa Umar bin Khattab, perkembangan Islam tidak sebatas pada perluasan kekuasaan Islam dan masalah ketatanegaraan (politik). Pada masa ini juga dicapai kemajuan-kemajuan seperti berikut ini, kecuali….
a.       pembagian daerah kekuasaan Islam,
b.       membentuk baitul mal
c.       pembentukan dewan angkatan perang
d.       menetapkan tahun hijriyah
e.       membangun infrastruktur jalan

62.   Usaha kongkrit dibidang Pendidikan Islam belum dikembangkan oleh Khalifah Usman. Khalifah  merasa sudah cukup dengan pendidikan yang sudah berjalan. Namun begitu, satu usaha cemerlang telah terjadi dimasa ini, yang berpengaruh luar biasa bagi pendidikan Islam. Melanjutkan usulan Umar kepada Khalifah Abu Bakar yaitu untuk ….
a.       Membangun masjid
b.       Memperbanyak madrasah
c.       mengumpulkan tulisan ayat-ayat al-Quran
d.       mengumpulkan para ulama penghafal hadits
e.       membangun perpustakaan

63.   Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Damaskus meliputi 3 bidang, yaitu ….
a.       bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang filsafat
b.       bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang sejarah
c.       bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang ekonomi
d.       bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang social
e.       bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang matematika

64.   Para ahli sejarah menyimpulkan bahwa perkembangan gerakan ilmu pengetahuan dan budaya pada masa Bani Umaiyyah di Damaskus memfokuskan pada tiga gerakan besar,  yaitu….
a.       Gerakan ilmu politik, agama dan filsafat
b.       Gerakan ilmu agama, filsafat dan sejarah
c.       Gerakan ilmu alam, filsafat dan agama
d.       Gerakan ilmu sejarah, agama dan ekonomi
e.       Gerakan ilmu social, agama dan filsafat

65.   Khalifah Harun al-Rasyid terkenal sebagai khalifah yang sangat cinta pada ilmu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar, seperti ….
a.       sekolah, perpustakaan, menyediakan asrama dan membentuk gerakan sosial
b.       sekolah, perpustakaan, menyediakan fasilitas dan membentuk gerakan tafsir
c.       sekolah, perpustakaan, menyediakan peserta didik dan membentuk gerakan belajar
d.       sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan membentuk gerakan terjemahan.
e.       sekolah, masjid, menyediakan guru dan membentuk gerakan terjemahan

66.   Kehadiran islam di nusantara telah melahirkan kepercayaan dan tradisi di nusantara yang membaur dan mempengaruhi nilai-nilai islam. Hal ini disebabkan oleh….
a.       Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan tradisi local nusantara
b.       Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan tradisi barat
c.       Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan system pemerintahan local nusantara
d.       Adanya perpaduan antara ajaran islam dengan dunia perdagangan di nusantara
e.       Adanya perpaduan antara ajaran islam dengan dunia pendidikan di nusantara
67.   Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan Islam mudah diterima dan berkembang di Nusantara, kecuali….
a.       Syarat-syarat masuk agama Islam sangat mudah
b.       Ajaran Islam tidak mengenal kasta, dan menganggap semua manusia mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah.
c.       Upacara-upacara keagamaan dalam ajaran Islam sangat sederhana dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya.
d.       Agama Islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi Nusantara dan dalam penyebarannya dilakukan dengan damai tanpa kekerasan
e.       Sifat bangsa Indonesia yang tidak memberi peluang untuk bergaul lebih erat dengan bangsa lain
68.   Tari Zapin sebagai salah satu tradisi islam nusantaranberasal dari bahasa arab “Zaffan” yang berarti pergerakan kaki yang cepat mengikut rentak pukulan. Seni tari ini berasal dari daerah….
a.       Kalimantan
b.       Sumatera
c.       Maluku
d.       Jawa timur
e.       Bali

69.   Queensland Islamic society suatu lembaga pendidikan islam yang didirikan di Brisbane Australia untuk melestarikan pertumbuhan kehidupan agama islam bertujuan ….
a.       Menyadarkan anak-anak muslim untuk melakukan shalat dan hubungan baik sesama manusia
b.       Mengkaji kitab islam klasik dengan kondisi social masa kini
c.       Mengkaji kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kehidupan social
d.       Menanamkan kesadaran hidup bersosial dengan non muslim
e.       Menghubungkan islam dengan kehidupan sosial
70.   Elijah Muhamad adalah tokoh islam yang mendirikan organisasi Black Moslem di Chicago yang bertujuan untuk ….
a.       Penerapan HAM untuk muslim kulit hitam
b.       Etika mayoritas terhadap minoritas
c.       Ekslusifitas muslim kulit hitam
d.       Tidak membedakan warna kulit
e.       Etika minoritas terhadap mayoritas
71.   Pembatasan perkembangan islam di Amerika pada tahun 1924 dengan diterapkannya aturan keimigrasian AS, yaitu ….
a.       Menerapkan system kuota negara asal
b.       Meningkatkan biaya visa bagi bangsa Arab
c.       Memberlakukan system HAM
d.       Meningkatkan pajak bagi penduduk asing
e.       Membatasi kelahiran anak dari penganut agama islam

72.   Menurut Azyumardi Azra, radikalisme merupakan bentuk ekstrem dari revivalisme. Revivalisme merupakan intensifikasi keislaman yang ….
a.     lebih berorientasi ke dalam (inward oriented)
b.    lebih berorientasi ke luar (outward oriented)
c.     lebih berorientasi kepada aksi
d.    lebih berorientasi pada kekerasan
e.     lebih berorientasi kepada radikalisme
73.   Perhatikan istilah berikut ini!
1.       Takfiri
2.       Akidah al-Wala’
3.       Takbiri
4.       Akidah Al-Bara’
5.       Bunuh diri
Indicator islam radikal yang benar antara lain pada nomor….
a.       1,2 dan 3
b.       2,3 dan 4
c.       3,4 dan 5
d.       1,3 dan 5
e.       1,2 dan 4
74.   Dalam QS. At-Taubah ayat 5 dijelaskan; “…maka bunuhlah orang-orang musyrikin (non-muslim) itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. …..” Potongan ayat tersebut dijadikan oleh kelompok radikal sebagai dasar aksi kekerasannya, hal tersbut disebabkan oleh ….
a.       Memaknai ayat secara terpotong
b.       Memaknai ayat secara lengkap
c.       Memaknai ayat secara utuh
d.       Memaknai ayat secara terpisah
e.       Memaknai ayat secara komplit

75.   Menurut kitab FathulMu’in, Ijab dan qabul dalam transaksi ekonomi adalah bukti yang menunjukan atas penyerahan dengan bukti yang jelas (dapat dipertanggungjawabkan), sedangkan Kabul adalah bukti yang menunjukan atas penerimaan. Dalam hal ini mazhab syafi’i, menyarankan agar ….
a.       barang yang akan dijual belikan harus terlihat setelah akad jual beli
b.      barang yang akan dijual belikan harus terlihat terlebih dahulu secara online juga
c.       barang yang akan dijual belikan harus terlihat terlebih dahulu secara kasat mata
d.      barang yang akan dijual belikan harus terukur terlebih dahulu secara kasat mata.
e.       barang yang akan dijual belikan harus dihitung terlebih dahulu secara kasat mata.
76.   Dalam Ensiklopedi Hukum Islam disebutkan, ulama fikih berpendapat jika ijab dan kabul dipandang sah apabila telah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini, kecuali…
a.       Ijab dan kabul dilakukan dalam satu majelis
b.      Kesesuaian antara ijab dan Kabul
c.       yang melaksanakan ijab (wali) tidak menarik kembali ijabnya sebelum kabul dari calon suami.
d.      Berlaku seketika
e.       Berlaku setersunya
77.   Dalam QS. Al-Hajj ayat 5 dijelaskan bahwa“… Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki …” Dari ayat tersebut, menurut Abul Fadl Mohsin Ebrahim dijadikan sebagai dalil….
a.       membolehkan cloning
b.      mendukung cloning
c.       melarang cloning
d.      mubah cloning
e.       perbuatan yang menjadi bukti kemajuan teknologi

78.   ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara tentang Gay dan Lesbi yang disebut sebagai perbuatan yang sangat keji adalah ….
a.       QS. Al-A’raf ayat 80, Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 54
b.       QS. Al-A’raf ayat 81, Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 55
c.       QS. Al-A’raf ayat 82, Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 56
d.       QS. Al-A’raf ayat 83, Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 57
e.       QS. Al-A’raf ayat 84, Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 58

79.   Gender adalah sifat yang melekat pada laki-laki dan perempuan yang terbangun dari interaksi social dan budaya. Perempuan dipahami sebagai sifat peminin dan laki-laki lebih dipahami sebagai maskulin. Dalam pemahaman gender dikenal sifat gender, peran gender dan ranah gender. Peran gender adalah ….
a.       Prilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan
b.       Merupakan hal-hal atau prilaku yang wajar atau tidak dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang berlandaskan pada value, kultur serta norma
c.       Ruang lingkup laki-laki untuk memerankan peran masing-masing
d.       Ruang lingkup perempuan untuk memerankan peran masing-masing
e.       Ruang public dimana laki-laki dan perempan bekerjasama
80.   Praktik ketimpangan gender terjadi dalam berbagai bentuk dan lini kehidupan kecuali….
a.       Marginalisasi atau proses pemiskinan yang mengakibatkan kemiskinan secara ekonomi
b.       Subordinasi, suatu paham bahwa salah satu jenis lebih unggul
c.       Streotipe yaitu labeling terhadap seseorang atau kelompok
d.       Peran ganda karena perempuan ditinggal meninggal oleh suaminya
e.       Peran tunggal karena perempuan masih bersuami

81.   Dalam toleransi antar umat beragama, umat islam boleh bekerjasama dalam beberapa hal berikut ini, kecuali….
a.       Transaksi jual beli dengan non muslim
b.       Ibadah bersama
c.       Mengadakan bakti social
d.       Menagadakan wisata bersama
e.       Mengadakan muyawarah
82.   Sikap toleransi dalam bidang selain menyangkut aqidah dijelaskan dalam ….
a.       QS. Al-Mumtahanah ayat 8-9
b.       QS. Al-Mumtahanah ayat 9-10
c.       QS. Al-Mumtahanah ayat 10-11
d.       QS. Al-Mumtahanah ayat 11-12
e.       QS. Al-Mumtahanah ayat 12-13
83.   Sebagaian sahabat Nabi diberitakan menikahi ahlul kitab. Kehalalan yang berlaku pada sahabat ini didasarkan pada alasan-alasan berikut ini, kecuali….
a.       Pria pemimpin rumah tangga dan berkuasa penuh atas istri
b.       Pria muslim lebih kuat daripada pria non muslim
c.       Wanita kitabiyah memiliki agama yang kuat dibanding pria
d.       Wanita kitabiyah berpegang teguh kepada agamanya
e.       Wanita kitabiyah memiliki wawasan luas tentang agamanya
84.   Ulama besar Suriah Mustafa Az-Zarqa’ berpendapat bahwa tidak ada larangan di dalam agama islam untuk melakukan harmonisasi hubungan dalam beragama. Oleh sebab itulah,ia berpendapat bahwa seorang muslim yang mengucapkan selamat natal termasuk dalam perbuatan yang dikategorikan sebagai….
a.       Berakhlak baik
b.      Bermuka baik
c.       Berbudi baik
d.      Berprilaku baik
e.       Bersifat baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Dari Rumah

MEMAKSIMALKAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM KETERBATASAN BDR atau belajar dari rumah muncul sebagai respon atas wabah Covid-19 yang melan...