LOKAKARYA PEMBUATAN SOAL

1. Hadits di atas
diriwayatkan oleh Ibnu Majah, namun demikian Ibnu Majah sendiri menganggap
hadits tersebut termasuk hadits dhaif (lemah atau tidak shahih). Kelemahan
hadis ini terletak pada rawinya yang tidak tsiqah. Arti tidak tsiqah yang benar
adalah ….
a. Shahih
b. Tidak Kuat fisiknya
c. Tidak terpercaya
d. Kuat ingatannya
e. Kuat hafalannya
2. Salah satu satu ketentuan
yang menjadi dasar pengklasifikasian hadits adalah perawi yang memiliki daya
ingat hapalan yang sempurna. Dalam ilmu hadits, kriteria tersebut dinamakan….
a. Dhabith
b. Sanad
c. ‘adil
d. Syadz
e. ‘illat

3. Berdasarkan hadits di
atas, perintah untuk menuntut ilmu sampai ke negeri cina mengisyaratkan adanya
perintah untuk bersifat terbuka, yakni….
a. menerima kebenaran dari
siapapun
b. menerima kebenaran dari
sesama muslim
c. menerima kebenaran dari
kalangan sendiri
d. menerima kebenaran dari
orang yang sudah diketahui keluasan ilmunya
e. menerima kebenran dari
orang yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan
4. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, yatim adalah anak yang tidak mempunyai ayah atau ibu karena
ditinggal mati, sedangkan menurut terminologi Bahasa Arab, yatim hanya
diperuntukkan bagi ….
a. Anak yang ditinggal ibu
saja
b. Anak yang ditinggal ayah
saja
c. Anak yang ditinggal ayah
dan ibu
d. Anak yang ditinggal
keluarga
e. Anak yang ditinggal
walinya
5. Anak yang jarang
mendapatkan kasih sayang, adakalanya memiliki karakter yang kurang kondusif
bagi kemajuan atau kesuksesan hidupnya di masa depan. Salah satu penyebabnya
adalah ….
a. Karena adanya lingkungan
yang tidak kondusif
b. Karena telah tertanamnya
kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik
c. Karena telah terbentuknya
zona aman atas karakter yang telah tertanam
d. Karena zona lingkungannya
dibasakan hal-hal yang tidak baik
e. Karena kurangnya perhatian
yang menumbuhkembangkan kepribadian baik
6. Selama ini pengertian menyantuni anak yatim cenderung
pada kebutuhan fisiknya saja. Sedang yang bersifat psikologis belum banyak
dilakukan. Padahal anak-anak yatim yang tinggal di panti maupun di rumahnya
sendiri, mereka merindukan ….
a. figur ayah/ibu yang menjadi tempat curhat dan bermanja.
b. Figur orang tua yang selalu memperhatikan kebutuhannya
c. Figur orang tua yang mampu memenuhi semua permintaannya
d. Figur orang tua yang sealalu memeberikan nasihat
e. Figur ayah/ibu yang menyayangi dan memenuhi keperluannya
7. Sifat yang tertanam dalam jiwa, yang darinya timbul perbuatan
dengan mudah tanpa merasa terbebani, seperti sifat dermawan akan lahir darinya
gemar memberi tanpa merasa berat hati adalah disebut ….
a. Sifat
b. Akhlak
c. Karakter
d. Akhlak dan sifat
e. Sifat dan karakter

8. Dalam hadis di atas Rasulullah saw menjelaskan bahwa
sebaik-baik orang Muslim adalah ….
a. Yang baik akhlaknya dan mulia sifatnya
b. Yang baik prilakunya dan akhlaknya
c. Yang sempurna fisiknya dan akhlaknya
d. Yang kuat fisik dan baik sifatnya
e. Yang sempurna imannya
9. Pada dasarnya semua ibadah yang dilakukan oleh seorang
Muslim harus berimplikasi pada ….
a. Perbuatan yang benar
sesuai aturan yang berlaku dalam berinteraksi dengan keluarga
b. perbuatan yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain
c. perbuatan yang benar dalam berinteraksi dengan
teman-teman
d. perbuatan yang baik dalam berinteraksi dengan orang yang
sepemahaman
e. perbuatan yang benar dalam berinteraksi dengan tetangga
terdekat
10. Orang-orang munafik sangat dibenci oleh Allah dan
Rasulullah, karena ….
a. Musuh yang nyata
b. Temannya syetan yang
terkutuk
c. Musuh dalam selimut bagi
kaum muslim
d. Musuh dalam selimut bagi
syetan
e. Musush yang berbahaya bagi
manusia
11. Seseorang dapat dikatakan sebagai orang munafik
tulen/sejati apabila memenuhi semua sifat berikut yaitu pembohong, penghianat
dan pengingkar janji ada pada dirinya, dan selalu nampak dalam kebanyakan
perbuatannya. Sedangkan jika hanya terdapat satu atau dua saja dari tiga ciri
tersebut maka orang tersebut ….
a. Tetap termasuk munafik
b. Tetap bagian dari orang
munafik
c. Tidak dapat dikatakan munafik
d. Tidak menjadi orang munafik
e. Termasuk orang yang
berakhlak buruk
12. Di antara ketiga sifat munafik, yang paling berat akibat
buruknya adalah ….
a. Dusta
b. Dusta dan ingkar janji
c. Ingkar janji
d. Khianat
e. Bohong
13. Memahami makiyah dan madaniyah dapat membatu
seseorang ketika akan memahami al Qur’an. Di antara manfaatnya adalah ….
a.
Melalui gaya bahasa
yang sama pada ayat makiyah dan madaniyah akan membatu dalam memahami ayat al Qur’an
b.
Dapat membantu mempermudah dalam menjelaskan ayat al-Qur’an
c.
Dengan memahami makiyah
dan madaniyah akan lebih mudah mengkaitkan dengan aspek fiqh
d.
Dapat mempermudah
dalam menerjemah ayat al-Qr’an
e.
Dapat mempermudah
dalam menafsirkan al-Qur’an
14. Dalam memahami kalimat يخرج
الحي من
الميت (mengeluarkan
kehidupan dari yang mati) misalnya,
bisa dipahami dalam pengertian ―mengeluarkan seekor ayam yang menetas dari telur. Makna tersebut adalah ….
a. Takwil
b. Tafsir
c. Terjemah
d. Muhkamat
e. Mutasyabihat
15. Menurut Manna’ Al-Qaththan secara terminologi muhkam artinya ….
a. Ayat yang mudah diketahui maknanya
b. Ayat yang sulit diketahui maknanya
c. Ayat mengandung makna lebih dari satu
d. Ayat yang mengandung makna ambigu
e. Ayat yang tidak dapat diketahui maknanya secara langsung
16. Menafsirkan al-Qur’an yang didasarkan penjelasan-penjelasan al Qur’an yang diperoleh
melalui riwayat-riwayat pada sunnah, hadist maupun
atsar, bahkan sebuah ayat al
Qur’an dapat dijelaskan dengan ayat-ayat al Qur’an yang lain disebut ….
a.
Tafsir bil ra’yi
b.
Tafsir bil ma’tsur
c.
Tafsir maudhu’i
d.
Tafsir bil dirayah
e.
Tafsir al-isyari
17. M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa dalam tafsir bi
al-Isyarah terdapat upaya penarikan makna ayat didasarkan pada ….
a. Kesan yang ditimbulkan oleh lafazh ayat
b. Kesan yang ditimbulkan oleh makna ayat
c. Kesan yang ditimbulkan oleh tafsir ayat
d. Kesan yang ditimbulkan oleh makna surat
e. Kesan yang ditimbulkan oleh lafazh surat
18. Berikut ini adalah salah satu syarat diterimanya tafsir
isyari yaitu ….
a. Penafsirannya
bertentangan dengan dalil syara‘ atau rasio.
b. Tidak bertentangan dengan makna lahir (pengertian
tekstual) al-Qur’an
c. Penafsirannya tidak didukung atau diperkuat oleh dalil-dalil syar’i lainnya
d. Penafsirannya tidak terlalu jauh sehingga ada
hubungannya dengan lafadz
e. Penafsirannya terlalu jauh sehingga tidak ada
hubungannya dengan lafadz
19. Berdasarkan tafsir Jalalain, disebutkan bahwa maksud
dari memurnikan (mengikhlaskan) ibadah kepada-Nya adalah ….
a. Memurnikan ajaran agama
dari subhat
b. Memurnikan agama Allah
dari perbuatan buruk
c. Memurnikan agama dari
perbuatan keji
d. Memurnikan agama Allah
dari sifat sombong
e. memurnikan agama Allah dari segala macam kemusyrikan
20. Secara umum, kata ikhlas dalam QS. Al-A’raf ayat 29
dikaitkan secara erat dengan syarat diterimanya sebuah amalan oleh Allah SWT.
Syarat diterimanya sebuah amal ibadah ialah ….
a. Ibadah tersebut dilaksanakan penuh keikhlasan dan
mengharap ridha Allah swt
b. Ibadah tersebut didasarkan pada rasa takut murka Allah
swt
c. Ibadah tersebut didasarkan pada rasa ingin mendapat
pahala
d. Ibadah tersebut didasarkan pada rasa ingin mendapatkan
balasan
e. Ibadah tersebut dilaksanakan penuh rasa sabar dan
istiqomah
21. Dalam tafsir Ibnu Katsir,
Ulul Albab dimaknai sebagai ….
a. Senantiasa mengingat Allah
dan melakukan kajian-kajian
b. Memiliki sikap yang selalu
kritis
c. Orang yang selalu membaca
Al-Qur’an
d. Orang yang memiliki akal
yang sempurna lagi cerdas dan mengerti di balik adanya segala sesuatu
e. Orang mampu membaca segala
sesuatu ciptaan Allah swt.
22. Seorang ulul albab senantiasa mengingat kepada Allah Swt
dan melakukan kajian-kajian serta renungan terhadap kejadian-kejadian pada
ciptaan Allah Swt, sehingga pada akhirnya dia menemukan ….
a. Pelajaran berharga dari
ibadah kepadaNya
b. Manfaat berharga dari
setiap petunjukkNya
c. Hikmah yang bermanfaat
bagi kehidupan
d. hikmah yang besar pada setiap ciptaan Allah Swt.
e. Hikmah dan manfaat dari
setiap hidayaNya
23. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.
Kritis dan mau
berusaha
2.
Mau berusaha
3.
Berkreasi untuk
kemanfaatan
4.
Berkreasi untuk
hidup mandiri
5.
Kemaslahatan dan
kelstarian hidup
Yang termasuk sifat dan sikap ulul albab dalam
konteks saat ini adalah ….
a. 1,2,3 dan 4
b. 1,2,4 dan 5
c. 1,2,3 dan 5
d. 2,3,4 dan 5
24. Ibnul Mubarak mengatakan makna Ar-Rahman ialah
"bila diminta memberi", sedangkan makna ar-rahim ialah "bila
tidak diminta marah", sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan
oleh Imam Turmuzi dan Imam Ibnu Majah “Barang siapa yang tidak pernah meminta
kepada Allah, niscaya Allah murka terhadapnya”. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a. Allah senang kepada hambaNya yang tidak banyak meminta
b. Allah senang kepada hambaNya yang sering berdoa
c. Allah senang memberi walaupun tidak diminta
d. Allah Maha Memberi kepada yang meminta saja
e. Allah Maha Memberi setiap hamba yang meminta dan
memurkai orang yang tidak meminta kepadaNya
25. Sebagian ulama Islam berpendapat bahwa kata Allah (الله) berasal dari
kata al-Ilāh. Kata al-Ilāh (إله ) berarti ….
a. taat
b. Menyembah
c. Shalat
d. Sujud
e. Puasa
26. Dalam Pancasila, sila
pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila ini menunjukkan bahwa
keselarasannya dengan nilai-nilai ketuhanan dalam Islam berupa prinsip Tauhid.
Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Al-Asmaul Husna, yaitu
….
a. Al-Ahad
b. Al-Sami’
c. Al-Ghafur
d. Ar-Rahman
e. Ar-Rahim

27. Berdasarkan penjelasan dalil naqli di atas,
konsep ketuhanan dalam teologi Islam dikenal dengan tiga istilah, yaitu ….
a. Pemelihara, Raja dan Sesembahan
b. Pemelihara, Raja dan Rab
c. Pemelihara, Raja dan Malik
d. Pemelihara, Raja dan pemilik
e. Pemelihara, Raja dan Penguasa
28. Secara kebahasaan, kata Allah sangat mungkin berasal
dari kata ….
a. Al-ilahiyah
b. Al-Uluhiyah
c. Al-Ilah
d. Al-Ilahah
e. Al-Alihah
29. Bagi umat Islam, penyebutan nama Tuhan yang bersifat
spekulatif tentu sangat bermasalah. Sebab, ….
a. Mengaburkan konsep tauhid islam
b. Mengaburkan makna seseungguhnya
c. Mengaburkan tujuan tauhid
d. Mengaburkan tujuan beribadah
e. Mengaburkan makna dan konsep beribadah
30. Sebagaimana yang
disebutkan dalam QS. Al-Baqarah ayat 8: “Dan di antara manusia ada yang
berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya
mereka itu bukanlah orang-orang yang
beriman.” Ayat ini merupakan koreksi terhadap
perilaku orang-orang munafik yang ….
a. mengaku beriman kepada
Allah dan sadar akan keesaan Allah
b. mengaku beriman kepada Allah dan hari Akhir, padahal
kenyataannya tidak
c. bertaubat dan menyadari Allah adalah Tuhan yang berhak
disembah
d. bertaubat dan menyadari kesalahannya
e. mengaku beriman kepada Allah swt dan sesuai dengan
kenyataan
31. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1. Hari kebangkitan setelah
mati
2. Hari akhir zaman
3. Bencana besar
4. Hari perhitungan amal
5. Berakhir dan tidak muncul
lagi
Dari pernyataan
di atas, yang termasuk makna Kiamat sebagaimana tercantum dalam KBBI adalah
nomor ….
a. 3,4 dan 5
b. 2,4 dan 5
c. 1,4 dan 5
d. 2,3 dan 5
e. 2,3 dan 4
32. Terjadinya bencana alam
seperti gunung meletus, banjir, gempa bumi yang mengakibatkan rusak atau
punahnya sebagian makhluk hidup merupakan ….
a. Tanda kiamat sugra
b. Isyarat datangnya kiamat
kubra
c. Contoh kiamat sugra
d. Contoh kiamat kubra
e. Makna kiamat sugra
33. Qadha adalah kehendak Allah atas sesuatu pada azali untuk
sebuah ‘realitas’ pada saat sesuatu di luar azali kelak. Sementara qadar adalah penciptaan (realisasi) Allah atas sesuatu pada kadar
tertentu sesuai dengan kehendak-Nya pada azali. Pengertian Qadha dan Qadar tersebut
dikemukakan oleh ulama kalangan ….
a. Malikiyah
b. Muhammadiyah
c. Asy’ariyah
d. Maturidiyah
e. Qadariyah
34. Menerima takdir dengan
penuh rasa ikhlas, sabar, dan senantiasa bersyukur atas segala sesuatu yang
dikaruniakan Allah swt, baik berupa kesenangan, keberuntungan maupun kondisi
yang tidak menguntungkan termasuk wujud dari internalisasi nilai….
a. Iman kepada Allah swt
b. Iman kepada kitab-kitab
Allah swt
c. Iman kepada Rasul-rasul
Allah swt
d. Iman kepada Qadha dan
Qadhar Allah swt
e. Iman kepada hari akhir
35. Ibu Asmawati dijadwalkan
untuk melaksanakan kegiatan PPG di kampus penyelenggara, akan tetapi ketika
pagi menjelang berangkat, anaknya tertimpa musibah kecelakaan. Dia pun menerima
dengan sabar dan ikhlas musibah yang menimpanya. Sikap yang ditunjukkan oleh
ibu Asmawati tersebut merupakan wujud dari nilai-nilai ….
a. Iman kepada takdir mubram
b. Iman kepada hari akhir
c. Iman kepada takdir muallaq
d. Iman kepada
ketentuan-ketentuan Allah
e. Iman kepada hari kiamat
36. Sifat malu untuk meninggalkan perbuatan yang
diperintahkan oleh Allah Swt. dan sebaliknya malu melakukan perbutan yang
dilarang oleh-Nya disebut ….
a. Qanaah
b. Hayya
c. Haya’
d. Sakha’
e. Wara’
37. Sikap seseorang yang rela menerima keputusan Allah Swt.
yang berlaku bagi dirinya merupakan contoh ….
a. wara’
b. sakha’
c. qanaah
d. istiqamah
e. haya’
38. Manusia berani berkorban
apa saja untuk meraih kebahagiaan dan kemuliaan batinnya, sifat ini disebut ….
a. Raja’
b. Iffah
c. Syajaah
d. Quwwah al-Iradah
e. Quwwah al-iman
39. Dilihat dari hubungan
antara manusia sebagai makhluk dan Allah Swt. sebagai Khalik, maka amal shalih
dapat didefinisikan dengan ….
a.
Semua amal yang dilakukan didasarkan pada rasa ingin dibalas oleh Allah
dengan surga
b.
Semua amal perbuatan yang dilakukan sebagai wujud semangat ibadah
kepadaNya
c.
semua perbuatan yang dilakukan hamba kepada Allah Swt.
sebagai bentuk pengabdiannya yang didasari dengan iman.
d.
Semua perbuatan baik didasarkan pada rasa ingin dihormati orang lain
e.
Semua perbuatan baik didasarkan pada pengetahuan agama

40. QS. Adz Dzariyat ayat 56
di atas menjelaskan tentang ….
a. Tujuan manusia diciptakan
b. Tujuan manusia beribadah
c. Tujuan manusia beramal
d. Tujuan manusia berbuat
kebajikan
e. Tujuan manusia hidup
41. Menurut Muhammad Abduh ikhlas adalah ikhlas beragama
untuk Allah SWT. dengan selalu manghadap kepada-Nya, dan tidak mengakui
kesamaan-Nya dengan makhluk apapun, sedangkan menurut al-Ghazali, ikhlas adalah
….
a. Melakukan amal kebajikan sesuai
aturan agama
b. melakukan amal kebajikan semata-mata karena Allah SWT
c. melakukan amal ibadah sesuai tuntunan ulama
d. melakukan amal ibadah sesuai kemampuan
e. melakukan amal ibadah sesuai tuntutan kebutuhan
42. Islam menempatkan malu sebagai bagian dari iman. Orang
beriman pasti memiliki sifat malu. Orang yang tidak memiliki malu berarti tidak
ada iman dalam dirinya meskipun lidahnya menyatakan beriman. Dalam hal ini
sifat malu yang dimaksud adalah ….
a. Sifat malu untuk melakukan yang diperintahkan Allah swt.
b. Sifat malu untuk berbuat kebaikan bila dilihat oleh
orang lain
c. Sifat malu untuk berbuat sesuatu yang rendah dan hina di
hadapan Allah swt
d. Sifat malu untuk menunjukkan kebaikan-kebaikannya
e. Sifat malu untuk dikatakan hina karena berbuat hal yang
tidak biasa
43. Di antara alasan
pentingnya memiliki sifat khauf di bawah ini adalah ….
a. Agar tenang beribadah
b. Untuk khusyuk beraktifitas
c. Agar aman dalam beribadah
d. supaya ada proteksi diri dan tidak ujub
e. supaya ada bekal dalam
hidup
44. Seorang ahli hikmah
berkata, “Suatu ketika nafsu mengajak berbuat maksiat, lalu ia keluar dan berguling- guling di atas pasir yang panas seraya
berkata kepada nafsunya, “Rasakanlah! Neraka jahanam itu lebih panas dari pada yang anda rasakan
ini.”
Makna dari perkatan
ahli hikmah tersebut adalah ….
a.
kita harus membuat
nafsu menjadi kesakitan
b.
kita harus membuat
nafsu menjadi kalah
c.
kita harus membuat
nafsu menjadi takut
d.
kita harus membuat
nafsu menjadi kepanasan
e.
kita harus membuat
nafsu menjadi kekuatan
45. Perhatikan sifat-sifat
berikut!
1. Jujur
2. Amanah
3. Rajin
4. Tabligh
5. Adil
Sifat yang berhubungan dengan orang lain dalam
kehidupan sehari-hari terdapat pada nomor ….
a. 1,2, dan 3
b. 2,3 dan 4
c. 3,4 dan 5
d. 1,3 dan 5
e. 1,2, dan 4
46. Sebuah dialog dalam kitab
Ihya Ulumuddin menjelaskan: Seorang laki-laki berkata kepada
Hakim: “Aku tidak bisa mengenali orang yang jujur!” Kemudian dijawab
oleh Hakim: “Seandainya kamu adalah orang yang jujur kamu juga akan mengenal orang-orang yang jujur.” Makna dari dialog tersebut adalah ….
a. Orang yang jujur bisa
membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
b. Orang yang tidak jujur
bisa membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
c. Orang yang jujur tidak
bisa membedakan orang yang jujur dan tidak jujur
d. Orang yang tidak jujur
bisa melihat kejujuran
e. Orang yang jujur baik
adalah wujud akhlak mulia
47. Jujur yang berkaitan langsung dengan informasi atau
berita yang disampaikan, apakah itu benar atau salah. Baik yang telah berlalu
maupun yang akan terjadi termasuk jujur ….
a. Jujur dalam niat
b. Jujur dalam perbuatan
c. Jujur dalam lisan
d. Jujur dalam tekad
e. Jujur dalam
mengimplementasikan maqamat di dalam agama
48. Menurut Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan
zakat hasil tanah yang disewakan adalah ….
a. Penyewa tanah
b. Pemilik tanah
c. Penyewa dan pemilik
d. Tidak dikenakan wajib zakat
e. Dikenakan wajib zakat dibagi rata antara penyewa dan
pemilik tanah
49. Abdurrahman Hasan, Imam
Abu Zahra, dan Abdul Wahhab Khalaf berpendapat bahwa nisab zakat profesi
sekurang-kurangnya lima wasaq atau 300 sha’ (sekitar 930 liter atau 653 kg).
Menurut mereka jumlah ini diqiyaskan dengan ….
a. Prosentase zakat yang
pengairannya menggunakan tenaga manusia yaitu 5 % setiap mendapatkan gaji atau
honor
b. Prosesntase zakat
pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 6% setiap mendapatkan gaji
atau honor
c. Prosesntase zakat
pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 7% setiap mendapatkan gaji
atau honor
d. Prosesntase zakat
pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 5% setiap mendapatkan gaji
atau honor
e. Prosesntase zakat
pertanian yang pengairannya menggunakan mesin, yaitu 8% setiap mendapatkan gaji
atau honor
50. Menurut Mahmud Syaltut, istilah sabilillah dalam
menyalurkan zakat kepada mustahiq memiliki arti kemaslahatan ummat yang
manfaatnya kembali kepada kaum muslimin seperti ….
a. Pembangunan masjid dan rumah sakit
b. Pembangunan rumah pribadi
c. Pembangunan masjid dan
rumah
d. Pembangunan jalan dan
rumah pejabat
e. Pembangunan tempat wisata
51. Di bawah ini adalah
keadaan darurat yang membolehkan seorang pria kembali menikah (poligami),
kecuali….
a. Isteri pertama tidak mampu
memberikan keturunan
b. Isteri pertama tidak mampu
memberikan kepuasan seks kepada suami yang hyperseks
c. Rasio jumlah wanita yang
lebih tinggi dari jumlah pria
d. Rasio jumlah pria yang
lebih tinggi dari jumlah wanita
e. Isteri pertama mandul dan
tidak mampu memberikan kepuasan seks kepada suaminya
52. Seorang wali yang berhak
menikahkan anak perempuannya tanpa meminta ijin kepadanya disebut wali….
a. Mujbir
b. Nasab
c. Adhol
d. Hakim
e. Muhakkam

53. QS. An-Nisa ayat 3 di atas
merupakan salah satu dalil tentang bolehnya ….
a. Monogami
b. Poligami
c. Poliandri
d. Poligami dan monogami
e. Poliandri dan poligami
54. Berikut ini adalah alasan
haramnya riba menurut Yusuf Al-Qardhawi, kecuali ….
a. Dalam praktek riba
terdapat kezaliman
b. Riba mendorong kedua belah
pihak menjadi lintah darat
c. Hutang piutang berubah
menjadi sebuah praktek pemerasan terselubung
d. Dalam praktek riba
terdapat potensi yang menghilangkan nilai kebaikan dan keadilan dalam hutang
piutang
e. Dalam praktek riba
terkandung potensi secara psikologis yang dapat melemahkan usaha manusia untuk
bekerja
55. Riba nasiah mengandung
tiga unsur yaitu:
1. Terdapat tambahan
pembayaran atau modal yang dipinjamkan
2. Tambahan pembayaran/modal
tanpa resiko kecuali sebagai imbalan dari tenggang waktu yang diperoleh si
peminjam
3. Tambahan pembayaran/ modal
ditanggung oleh pihak bank
4. Tambahan pembayaran/modal
itu disyaratkan dalam bentuk pemberian piutang dan tenggang waktu
Pernyataan yang benar terdapat pada nomor….
a. 1,2 dan 3
b. 1,3 dan 4
c. 1,2 dan 4
d. 2,3 dan 4
e. 3 dan 4
56. Ali memberikan pinjaman
kepada Ahmad sejumlah uang untuk keperluan berobat. Ketika sudah punya uang,
Ahmad pun membayar hutangnya kepada Ali sejumlah uang yang pernah dipinjamnya
dan sebagai tanda terimakasihnya, ia melebihkan uang dari jumlah sebenarnya.
Hal ini tidaklah termasuk riba sebaliknya merupakan tindak terpuji, karena pada
dasarnya riba….
a. Disebutkan syaratnya
ketika membayar hutang
b. Disebutkan jumlah uang
yang dipinjam dan yang dibayarkan sama
c. Disebutkan waktu
pembayaran hutang
d. Tidak disebutkan waktu
pembayaran hutang
e. disebutkan syaratnya
ketika akad peminjaman
57. Imam al-Ghazaly pernah
berkata agama adalah pondasi sedangkan pemerintahan adalah tiangnya. Tiang akan
runtuh jika tidak ada pondasi. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a.
Agama mutlak menjadi dasar kuatnya suatu
pemerintahan
b.
Pemerintahan bisa kuat kalau agama bebas
mengadopsi pemahaman dari mana saja
c.
Agama rusak ketika negara tidak kuat
d.
Pemerintahan penentu kokohnya agama
e.
Pemerintahan dan agama saling menguatkan
58. Dalam sejarah, pemerintahan dalam Islam diselenggarakan
berdasarkan kepada ketentuan yang terdapat di dalam dua sumber utama
yaitual-Qur’an dan Sunah, seperti yang pernah terjadi pada pemerintahan
Rasulullah dan Khulafa al-Rasyidin. Berikut ini adalah dasar-dasar tersebut, kecuali
….
a. Sifat jujur, ikhlas serta tanggung jawab.
b. Keadilan yang bersifat menyeluruh kepada rakyat
c. Tauhid (mengesakan Allah) yang mengandung arti taat
kepada Allah, rasul-Nya dan pemumpin sebagai kewajiban bagi setiap orang
beriman.
d. Adanya kedaulatan rakyat.
e. Adanya kekuasaan mutlak pemerintah yang tidak dapat
diintervensi
59. Dalam system khilafah tidak semua orang bisa menjadi
anggota majlis syura. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan
intelektual dan memiliki sifat mental yang terpuji. Oleh karena itu imam
al-Mawardi merumuskan beberapa syarat untuk menjadi anggota majlis syura
seperti berikut ini, kecuali….
a. Berlaku adil dalam segala sikap
b. Berilmu pengetahuan dalam
pemerintahan
c. Berlaku adil dalam tindakan
d. Berilmu pengetahuan yang luas
e. Memiliki kearifan dan wawasan yang luas
60. Pada masa Abu Bakar
As-Shiddiq lembaga pendidikan mencapai tingkat kemajuan. Hal ini ditandai
dengan adanya lembaga pendidikan….
a. Madrasah
b. Masjid
c. Kuttab
d. Pesantren
e. Perguruan tinggi
61.
Pada masa Umar bin Khattab, perkembangan Islam tidak sebatas
pada perluasan kekuasaan Islam dan masalah ketatanegaraan (politik). Pada masa
ini juga dicapai kemajuan-kemajuan seperti berikut ini, kecuali….
a.
pembagian daerah kekuasaan Islam,
b.
membentuk baitul mal
c.
pembentukan dewan angkatan perang
d.
menetapkan tahun hijriyah
e.
membangun infrastruktur jalan
62.
Usaha kongkrit dibidang Pendidikan Islam belum dikembangkan
oleh Khalifah Usman. Khalifah merasa
sudah cukup dengan pendidikan yang sudah berjalan. Namun begitu, satu usaha
cemerlang telah terjadi dimasa ini, yang berpengaruh luar biasa bagi pendidikan
Islam. Melanjutkan usulan Umar kepada Khalifah Abu Bakar yaitu untuk ….
a.
Membangun masjid
b.
Memperbanyak madrasah
c.
mengumpulkan tulisan ayat-ayat al-Quran
d.
mengumpulkan para ulama penghafal hadits
e.
membangun perpustakaan
63.
Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di
Damaskus meliputi 3 bidang, yaitu ….
a.
bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang filsafat
b.
bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang sejarah
c.
bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang ekonomi
d.
bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang social
e.
bidang diniyah, bidang tarikh dan bidang matematika
64.
Para ahli sejarah menyimpulkan bahwa perkembangan gerakan ilmu
pengetahuan dan budaya pada masa Bani Umaiyyah di Damaskus memfokuskan pada
tiga gerakan besar, yaitu….
a. Gerakan ilmu politik, agama dan
filsafat
b. Gerakan ilmu agama, filsafat dan
sejarah
c. Gerakan ilmu alam, filsafat dan agama
d. Gerakan ilmu sejarah, agama dan
ekonomi
e. Gerakan ilmu social, agama dan
filsafat
65.
Khalifah Harun al-Rasyid terkenal sebagai khalifah yang sangat
cinta pada ilmu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas
belajar, seperti ….
a. sekolah, perpustakaan, menyediakan
asrama dan membentuk gerakan sosial
b. sekolah, perpustakaan, menyediakan
fasilitas dan membentuk gerakan tafsir
c. sekolah, perpustakaan, menyediakan
peserta didik dan membentuk gerakan belajar
d. sekolah, perpustakaan, menyediakan
guru dan membentuk gerakan terjemahan.
e. sekolah, masjid, menyediakan guru dan
membentuk gerakan terjemahan
66.
Kehadiran islam di nusantara telah melahirkan kepercayaan dan
tradisi di nusantara yang membaur dan mempengaruhi nilai-nilai islam. Hal ini
disebabkan oleh….
a.
Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan tradisi local
nusantara
b.
Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan tradisi barat
c.
Adanya akulturasi antara ajaran islam dengan system
pemerintahan local nusantara
d.
Adanya perpaduan antara ajaran islam dengan dunia perdagangan
di nusantara
e.
Adanya perpaduan antara ajaran islam dengan dunia pendidikan
di nusantara
67.
Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan Islam mudah
diterima dan berkembang di Nusantara, kecuali….
a.
Syarat-syarat masuk agama Islam sangat mudah
b.
Ajaran Islam tidak mengenal kasta, dan menganggap semua
manusia mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah.
c.
Upacara-upacara keagamaan dalam ajaran Islam sangat sederhana
dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya.
d.
Agama Islam yang menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat
dan tradisi Nusantara dan dalam penyebarannya dilakukan dengan damai tanpa
kekerasan
e.
Sifat bangsa Indonesia yang tidak memberi peluang untuk
bergaul lebih erat dengan bangsa lain
68.
Tari Zapin sebagai salah satu tradisi
islam nusantaranberasal dari bahasa arab “Zaffan” yang berarti pergerakan kaki
yang cepat mengikut rentak pukulan. Seni tari ini
berasal dari daerah….
a.
Kalimantan
b.
Sumatera
c.
Maluku
d.
Jawa timur
e.
Bali
69.
Queensland Islamic society suatu
lembaga pendidikan islam yang didirikan di Brisbane Australia untuk
melestarikan pertumbuhan kehidupan agama islam bertujuan ….
a.
Menyadarkan anak-anak muslim
untuk melakukan shalat dan hubungan baik sesama manusia
b.
Mengkaji kitab islam klasik dengan
kondisi social masa kini
c.
Mengkaji kebijakan pemerintah yang
berkaitan dengan kehidupan social
d.
Menanamkan kesadaran hidup bersosial
dengan non muslim
e.
Menghubungkan islam dengan kehidupan
sosial
70.
Elijah Muhamad adalah tokoh islam yang
mendirikan organisasi Black Moslem di Chicago yang bertujuan untuk ….
a.
Penerapan HAM untuk muslim kulit hitam
b.
Etika mayoritas terhadap minoritas
c.
Ekslusifitas muslim kulit hitam
d.
Tidak membedakan warna kulit
e.
Etika minoritas terhadap mayoritas
71.
Pembatasan perkembangan islam di
Amerika pada tahun 1924 dengan diterapkannya aturan keimigrasian AS, yaitu ….
a.
Menerapkan system kuota
negara asal
b.
Meningkatkan biaya visa bagi bangsa
Arab
c.
Memberlakukan system HAM
d.
Meningkatkan pajak bagi penduduk asing
e.
Membatasi kelahiran anak dari penganut
agama islam
72.
Menurut Azyumardi Azra, radikalisme merupakan bentuk
ekstrem dari revivalisme. Revivalisme merupakan intensifikasi keislaman yang ….
a.
lebih berorientasi ke dalam (inward oriented)
b.
lebih berorientasi ke luar (outward oriented)
c.
lebih berorientasi kepada aksi
d.
lebih berorientasi pada kekerasan
e.
lebih berorientasi kepada radikalisme
73.
Perhatikan istilah berikut ini!
1.
Takfiri
2.
Akidah al-Wala’
3.
Takbiri
4.
Akidah Al-Bara’
5.
Bunuh diri
Indicator islam
radikal yang benar antara lain pada nomor….
a.
1,2 dan 3
b.
2,3 dan 4
c.
3,4 dan 5
d.
1,3 dan 5
e.
1,2 dan 4
74.
Dalam QS. At-Taubah ayat 5 dijelaskan;
“…maka bunuhlah orang-orang musyrikin (non-muslim) itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan
tangkaplah mereka. …..” Potongan ayat tersebut dijadikan oleh kelompok radikal
sebagai dasar aksi kekerasannya, hal tersbut disebabkan oleh ….
a.
Memaknai ayat secara
terpotong
b.
Memaknai ayat secara lengkap
c.
Memaknai ayat secara utuh
d.
Memaknai ayat secara terpisah
e.
Memaknai ayat secara komplit
75.
Menurut
kitab FathulMu’in, Ijab
dan qabul dalam transaksi ekonomi adalah bukti yang menunjukan atas
penyerahan dengan bukti yang jelas (dapat dipertanggungjawabkan), sedangkan
Kabul adalah bukti yang menunjukan atas penerimaan. Dalam hal ini mazhab
syafi’i, menyarankan agar ….
a.
barang
yang akan dijual belikan harus terlihat setelah akad jual beli
b.
barang
yang akan dijual belikan harus terlihat terlebih dahulu secara online juga
c.
barang
yang akan dijual belikan harus terlihat terlebih dahulu secara kasat mata
d.
barang
yang akan dijual belikan harus terukur terlebih dahulu secara kasat mata.
e.
barang
yang akan dijual belikan harus dihitung terlebih dahulu secara kasat mata.
76.
Dalam
Ensiklopedi Hukum Islam disebutkan, ulama fikih berpendapat jika ijab dan kabul
dipandang sah apabila telah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini, kecuali…
a.
Ijab
dan kabul dilakukan dalam satu majelis
b.
Kesesuaian
antara ijab dan Kabul
c.
yang
melaksanakan ijab (wali) tidak menarik kembali ijabnya sebelum kabul dari calon
suami.
d.
Berlaku
seketika
e.
Berlaku
setersunya
77.
Dalam QS. Al-Hajj ayat 5 dijelaskan
bahwa“… Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani,
kemudian dari segumpal darah, kemudian dari
segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami
jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki …” Dari ayat tersebut, menurut Abul Fadl Mohsin Ebrahim dijadikan sebagai dalil….
a. membolehkan cloning
b. mendukung cloning
c. melarang cloning
d. mubah cloning
e. perbuatan yang menjadi bukti kemajuan teknologi
78.
ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara
tentang Gay dan Lesbi yang disebut sebagai perbuatan yang sangat keji adalah ….
a.
QS. Al-A’raf ayat 80,
Al-Ankabut ayat 28, An-Naml ayat 54
b.
QS. Al-A’raf ayat 81, Al-Ankabut ayat
28, An-Naml ayat 55
c.
QS. Al-A’raf ayat 82, Al-Ankabut ayat
28, An-Naml ayat 56
d.
QS. Al-A’raf ayat 83, Al-Ankabut ayat
28, An-Naml ayat 57
e.
QS. Al-A’raf ayat 84, Al-Ankabut ayat
28, An-Naml ayat 58
79.
Gender adalah sifat yang melekat pada
laki-laki dan perempuan yang terbangun dari interaksi social dan budaya.
Perempuan dipahami sebagai sifat peminin dan laki-laki lebih dipahami sebagai
maskulin. Dalam pemahaman gender dikenal sifat gender, peran gender dan ranah
gender. Peran gender adalah ….
a.
Prilaku yang melekat pada diri
laki-laki dan perempuan
b.
Merupakan hal-hal atau
prilaku yang wajar atau tidak dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang
berlandaskan pada value, kultur serta norma
c.
Ruang lingkup laki-laki untuk
memerankan peran masing-masing
d.
Ruang lingkup perempuan untuk
memerankan peran masing-masing
e.
Ruang public dimana laki-laki dan
perempan bekerjasama
80.
Praktik ketimpangan gender terjadi
dalam berbagai bentuk dan lini kehidupan kecuali….
a.
Marginalisasi atau proses pemiskinan
yang mengakibatkan kemiskinan secara ekonomi
b.
Subordinasi, suatu paham bahwa salah
satu jenis lebih unggul
c.
Streotipe yaitu labeling terhadap
seseorang atau kelompok
d.
Peran ganda karena perempuan
ditinggal meninggal oleh suaminya
e.
Peran tunggal karena perempuan masih
bersuami
81.
Dalam toleransi antar umat beragama,
umat islam boleh bekerjasama dalam beberapa hal berikut ini, kecuali….
a.
Transaksi jual beli dengan non muslim
b.
Ibadah bersama
c.
Mengadakan bakti social
d.
Menagadakan wisata bersama
e.
Mengadakan muyawarah
82.
Sikap toleransi dalam bidang selain
menyangkut aqidah dijelaskan dalam ….
a.
QS. Al-Mumtahanah ayat 8-9
b.
QS. Al-Mumtahanah ayat 9-10
c.
QS. Al-Mumtahanah ayat 10-11
d.
QS. Al-Mumtahanah ayat 11-12
e.
QS. Al-Mumtahanah ayat 12-13
83.
Sebagaian sahabat Nabi diberitakan
menikahi ahlul kitab. Kehalalan yang berlaku pada sahabat ini didasarkan pada
alasan-alasan berikut ini, kecuali….
a.
Pria pemimpin rumah tangga
dan berkuasa penuh atas istri
b.
Pria muslim lebih kuat daripada pria
non muslim
c.
Wanita kitabiyah memiliki agama yang
kuat dibanding pria
d.
Wanita kitabiyah berpegang teguh
kepada agamanya
e.
Wanita kitabiyah memiliki wawasan luas
tentang agamanya
84.
Ulama besar Suriah
Mustafa Az-Zarqa’ berpendapat
bahwa tidak ada larangan di dalam agama islam untuk melakukan harmonisasi
hubungan dalam beragama. Oleh sebab itulah,ia berpendapat bahwa seorang muslim
yang mengucapkan selamat natal termasuk dalam perbuatan yang dikategorikan
sebagai….
a.
Berakhlak baik
b.
Bermuka baik
c.
Berbudi baik
d.
Berprilaku baik
e.
Bersifat baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar