KUMPULAN
TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR
KELAS 7 SMP
NAMA : PARMAN,
S.Pd.I
NO
PESERTA :
520729000156
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB III
(THAHARAH)
KELAS : VII
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENILAIAN
|
|
TEKHNIK
|
BENTUK
|
|||||
|
KI
1
|
1.7 Menghayati
ajaran bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar berdasarkan syariat Islam.
|
1.7.1
Membiasakan diri berprilaku suci dari hadast besar dan hadast kecil sesuai
syari’at islam.
|
Ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
|
Tes
|
Rubrik
|
|
KI
2
|
2.7
Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas
besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
|
2.7.1
Menjaga kebersihan diri dari hadast besar dan hadast kecil dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
|
|
KI
3
|
3.7 Memahami
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan
ketentuan syari’at Islam.
|
3.7.1. Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar.
3.7.2. Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas
kecil
3.7.3. dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
|
|
Tes
|
PG dan Uraian
|
|
KI
4
|
4.7
Menyajikan cara bersuci ari hadas besar.
|
4.7.1
Menunjukkan
contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar.
4.7.2
Mempraktikkan
bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Non tes
|
Pengamatan
|
TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA : AFIFUDDIN
NO.
PESERTA : 520320001098
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB IV (SHALAT BERJAMAAH)
KELAS : 7
NO.
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENILAIAN
|
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
|||||
1
|
KI 1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.8 Menunaikan salat wajib berjemaah sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
1.8.1 Menyenangi
kegiatan salat berjamaah
1.8.2 Membiasakan
diri salat berjamaah
|
Shalat
berjamaah
|
|
|
|
KI 2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.8 Menghayati perilaku demokratis sebagai
implementasi dari pelaksanaan salat berjemaah
|
2.8.1 Menunjukkan
perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari
pelaksanaan salat berjamaah
2.8.2 Memprakarsai
perilaku disiplin, demokratis dan toleransi sebagai implementasi dari
pelaksanaan salat berjamaah
|
|
|
|
|
KI 3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.8 Memahami ketentuan salat berjemaah
|
3.8.1 Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjamaah dan dasar hukunya.
3.8.2 Menjelaskan
syarat sah shalat berjamaah.
3.8.3 Menyebutkan
hukum shalat berjamaah
3.8.4 Menyebutkan
halangan shalat berjamaah
3.8.5 Menyebutkan
keutamaan shalat berjamaah.
|
Ø Pengertian
shalat berjamaah
Ø Dalil naqli mengenai shalat
berjamaah
Ø Ketentuan
shalat berjamaah
|
Tes
|
PG
/ Essay
|
|
KI 4.
Mencoba,
mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.8 Mempraktikkan salat berjamaah
|
4.8.1
Menunjukkan tta
cara shalat berjamaah.
4.8.2
Memperaktikkan
shalat berjamaah
|
Ø Tata
cara shalat berjamaah
Ø Hikmah
shalat berjamaah
|
Non
Tes
|
Pengamatan
(observasi)
|
TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA : ANDI MISBAH
NO PESERTA : 520238001118
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA
PELAJARAN : PAI
KELAS : 7
BAB :
V (SELAMAT DATANG NABI
MUHAMMAD SAW KEKASIHKU)
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENILAIAN
|
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
|||||
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.11 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam periode
Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
Non tes
|
Observasi
|
2
|
Menghargai
dan menghayati
perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya
diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya
|
2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
|
|
|
|
|
3
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.11
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Makkah
|
3.11.1 Menunjukkan contoh perilaku meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Mekah
|
Selamat datang Nabi Kekasihku:
1.
Sejarah
Kelahiran Nabi Muhammad SAW
2.
Sejarah Nabi Muhammad SAW sejak kecil sampai dengan
remaja di Mekah
3.
Sejarah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul
4.
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah
|
Tes
Tes
|
Pilihan Ganda
Tugas
|
3.11.2 Menunjukkan
contoh perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Mekah
|
||||||
3.11.3
Menjelaskan
perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Mekah
|
||||||
3.11.4 Menjelaskan
strategi dakwah Rasulullah saw.
|
||||||
3.11.5 Menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
||||||
3.11.6 Menceritakan
sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw
|
||||||
3.11.7 Meneladani
perjuangan Rasulullah saw. di Mekah
|
||||||
4
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.11
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Makkah.
|
4.11.1 Mengidentifikasi
tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode
Makkah
|
|
|
|
4.11.2 Membuat cerita bergambar/ensiklopedi
mini strategi dakwah Rasulullah periode Makkah melalui kajian pustaka
|
TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR
NAMA : MANSUR
NO
PESERTA/AKUN : 520273001105
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB VI (DENGAN
ILMU PENGETAHUAN SEMUA JADI LEBIH MUDAH)
KELAS : 7
No
|
KI
|
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
|||||
1
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
Dengan ilmu pengetahuan semua
jadi lebih mudah :
1. Q.S. ar-Rahman/ 55: 33
2. Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11
|
Non tes
|
Observasi
|
2
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
|
|
Dengan ilmu pengetahuan semua
jadi lebih mudah :
1. Q.S. ar-Rahman/ 55: 33
2. Q.S. al-Mujadalah/ 58: 11
|
Non tes
|
Observasi
|
3
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami makna Q.S. al-Mujadala/58: 11, dan
Q.S.
ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
|
3.1.1 Menyebutkan
arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11 serta hadis
tentang menuntut ilmu.
3.1.2
Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis
tentang menuntut ilmu.
3.1.3 Menjelaskan hukum bacaan mad dalam
Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
|
Dengan ilmu
pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1. Q.S. ar-Rahman/ 55:
33
2. Q.S. al-Mujadalah/
58: 11
|
Tes
|
Pilihan ganda
Uraian
|
4
|
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Membaca Q.S.
al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
|
4.1.1. Menunjukan bacaan Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
|
|
Non tes
|
Pengamatan
|
4.2 Menunjukkan hafalan
Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan
lancar.
|
4.2.1. Mendemontrasikan hafalan Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
|
No tes
|
Pengamatan
|
||
4.3 Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. alMujadalah /58: 11,
Q.S. ar-Rahman /55: 33
|
4.3.1. Menampilkan contoh perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait
|
|
Non tes
|
Pengamatan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar